Daarut Tauhid dan Sustainability: Entropi


Seperti yang sudah kita jelaskan di artikel sebelumnya, proses pertama bagi sebuah makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang adalah proses metabolisme. Memasukkan input tertentu demi menambah jumlah sel dan juga pertumbuhan serta perkembangan maupun penguatan bagian-bagian tubuh dari makhluk hidup tersebut. Begitu halnya dengan organisasi amal seperti Daarut Tauhid, membutuhkan input untuk bertumbuh dan berkembang.

Sekilas kita melihat dari fungsi metabolisme, pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup atau organisasi akan terjadi selama ada input yang masuk. Tapi tidak semudah itu ternyata. Dalam teori termodinamika selanjutnya, ada yang namanya entropi. Apa itu entropi? Secara sederhana, entropi merupakan sebuah keadaan lack of order atau berkurangnya keteraturan. (West, 2017) Sebagaimana kita tahu, jika hanya metabolisme saja teori yang kita terima, maka ini artinya manusia bisa hidup selama yang ia mau, jika ada asupan yang masuk ke dalam tubuhnya. Tapi kenyataannya tidak begitu. Manusia punya entropi atau masa degradasi yang mana fungsi-fungsi anggota tubuh serta sel-selnya akan mulai berkurang perlahan-lahan dan menghasilkan sebuah keadaan akhir ketika tubuh dari manusia betul-betul mengalami entropi 100% yakni mati. Jika kita melihat hal ini dapat terjadi pada manusia, demikian juga dapat terjadi pada organisasi. Meskipun organisasi memiliki banyak input yang ia terima dari bantuan dan berupa dana dan SDM (Sumber Daya Manusia), organisasi juga memiliki masa degradasinya. Lantas, jika setiap makhluk hidup memiliki entropi dan tidak terkecuali dengan organisasi yang merupakan bentuk lain dari makhluk hidup yang memiliki struktur juga di dalamnya.

Lantas, apakah entropi tidak bisa dihindari? Apakah dari pertumbuhan tersebut akan mencapai masa puncaknya, kemudian akan menurun dalam waktu tertentu? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Bagaimana cara agar kita mendapat jawaban tidak dan memperpanjang usia organisasi? Simak kelanjutannya di seri selanjutnya.

References West, G. (2017). Scale : The Universal Laws of Life, Growth, and Death in Organisms, Cities, and Companies. New York: PenguinPress.

Posted in Organisasi on Jul 13, 2020